Kamis, 07 Januari 2016

Mengapa Kita Tetap Lelah Meskipun Sudah Tidur Cukup?.


Sebelumnya kita perlu tau, tidur itu memiliki Ritme, seperti hanya benafas, makan, dan berjalan, semua yang di lakukan oleh tubuh selalu mempunyai Ritme, termasuk tidur. Ritme tidur kita ini dinamakan ULTRADIAN SLEEP CYCLE. 

Sering gak sih, kita udah tidur cukup tapi masih merasakan lelah?, apa penyebabnya?. Rahasianya ada di cara kitatidur sebagai manusia tidur. ini penjelasannya.




Gambar di samping adalah gelombang Ritme, yang di teliti oleh peneliti selama kita tidur, dapat kita lihat ada pola atau Ritme yang berulang selama kita tidur, Ritme itulah yang dinamakan ULTRADIAN SLEEO CYCLE. Dalam tiap Ritme tersebut terdapat tahapan, atau jenjang tidur yang terjadi, dan di bawah ini adalah tahapan selama tidur.
  1. Tahap yang pertama adalah tahap merem melek, atau tidur ringan, yang seringkali di jumpai di gedung DPR RI, dan ruang kelas di waktu siang bolong. Dalam tahap ini mata kita bergerak secara perlahan, dan aktifitas otot kita mulai melambat.
  2. Kemudian pada tahap kedua, mata kita berhenti, detak jantung kita melambat, suhu tubuh menurun, dan kita makin sulit untuk di bangunin, karena tubuh kita sudah mulai siap untuk masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tahap tidur lelap.
  3. Pada tahap ke tiga, kita sudah tiru lelap, gelombang otak kita menjadi sangat lambat, dan tubuh kita dalam keadaan relax.
  4. Dan tahap keempat sekaligus penutup tahapan tidur. Tahap ini dinamakan tahap Rapid Aye Movement (REM), dalam tahap ini mata kita bergerak cepat nafas kita menjadi lebih pendek, tekanan darah meningkat, dan gelombang otak kita menjadi sama aktifnya seperti kita sedang terjaga. Pada tahap inilah biasa kita bermimpi.
Dari tahap pertama di tahapi sekitar 90 menit setiap siklusnya, namun akan menjadi lebih panjang selama kita tidur.

Kembali ke topik mengapa kita tetap lelah meskipun sudah tidur cukup?. Jawabanya adalah waktu kita bangun itu adalah kuncinya. Jika kita bangun di tengah Ritme, maka hasilnya kita tetap lelah, jadi ketika kita tidur hanya sebentar bentar saja itulah yang menyebabkan lelah, karena waktu yang di butuhkan oleh tidur itu 8 jam waktu normalnya, dan akibatnya tidur kita tidak berkualitas, dan mala kita tambah lelah. itulah sebabnya kenapa kita pernah tidur siang merasa menjadi segar kembali, tetapi kita tidur di malam hari kurang atau lebih 8 jam di malam hari lalu di bangunin oleh alarm tapi masih juga merasa lelah, dan faktanya waktu ritme kita itu jauh lebih penting dari pada waktu 8jam kita tidur. Ada juga faktor yang menentukan seperti, Usia, Gaya Hidup, Diet, Penyakit yang di derita, hingga Genetik.
 


Namun faktanya para peneltipun masih bertanya tanya tentang tidur. seperti William Dement seorang peneliti tidur yang lebih dari 50 tahun pernah di tanya, "Apa sih alasan kita tidur?", dan William Dement hanya menjawab, jawaban paling solid, dan kita ketahui semua adalah "As far as i know, the only reason we need to sleep that is really, really solid is, becouse we get sleepy". Ternyata tidur itu sendiripun masih menjadi misteri dibidang ilmu sains.



Diatas adalah jawaban dari tuhanmu atas pertanyaan pertanyaanmu, berpeganlah pada tali tuhan, agar kamu tak tersesat. Jadi sudah berapa panjang blog ini, saya jadi ikutan ngantuk, dan seperti biasa Terima Kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar