Senin, 04 Januari 2016

Mengapa Kita Bermimpi

Kenapa kita manusia bermimpi? kenapa mimpi manusia bisa menyenangkan, menyeramkan, menyedihkan, dan mimpi basah? tetapi kenapa kita sulit untuk mengingatnya?. 
Ada suatu teori terkenal yang di kemukakan oleh Sigmund Friud pada tahun 1899, dimana diantara mimpi kita itu adalah harapan harapan yang terpendam dari diri kita, termasuk pacar kita, rumah idaman kita, dan juga dendam kita dengan orang lain. Dan mimpi pendeknya menurut paman Froid adalah cerminan cerminan dari harapan harapan kita yang belum terwujud, 



Tapi kemudian pada tahun 1950an, ketika technlogi canggih sudah mulai ikut campur di semua bidang, aspek, para peneliti menemukan, bahwa mimpi adalah efek samping dari otak kita yang sedang merajut memori, singkatnya ketika kita tidur orak sedang menyalin kejadian kejadian yang kita alami di hari itu, menjadi suatu memori yang baru dalam memori kita, mimpi itu sendiri adalah rangkaian rangkaian dari memori yang "bocor" dan kebagia otak yang meyadarinya, dan itu terjadi secara natural dari alam sadari kita, akibatnya kita sering mimpi kita itu gak masuk akal, dan aneh. 

Lalu kenapa mimpi kita sangat sulit untuk di ingat? itu terjadi karena pada saat kita bermimpi memori jangka pendek kita (Hippocampus) terpisah dengan  memori jangka panjang kita (Neocortex), dan menangkap mimpi kita tersebut hanyalah memori jangka pendek kita (hippocampus), itu sebabnya kenapa kita ingat saat kita bangun tapi tak ingat semuanya. lalu pada tahun 1984, peneliti mengatakan susah di ingat karena alurnya yang sering ngalor ngidul, dan tidak berkaitan dengan satu msa tidur. ya seperti alur sinetron kita yang ceritanya pergi kemana mana.



Akhirnya kita kurang lebih kita tau kenapa kita bermimpi? karena nyatanya bermimpi adalah sesuatu hal yang baik bagi daya ingat kita, yang tentunya berguna bagi kita di saat kita sedang ujian, lalu mimpi juga dapat meredam emosi kita memperbaiki mental kita, dan bahkan terbukti mengurangi stres, jadi setelah baca blog ini jangan hanya tidur saja, karena alam sadar kita juga tak kalah indahnya dengan alam bawah sadar kita, dan seperti biasa terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar